Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung

Suci, Farni (2021) Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FARNI_SUCI_16016098_ 5206_2021.pdf] Text
B1_01_FARNI_SUCI_16016098_ 5206_2021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian mendeskripsikan tiga hal berikut. Pertama,
mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Lubuk Basung. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung. Ketiga, menjelaskan kontribusi
keterampilan menyimak berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah desain kontribusional. Populasi penelitian
ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung yang terdaftar pada
tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 264 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 52
siswa (20%) yang ditentukan dengan menggunakan teknik simple random
sampling. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu keterampilan menyimak
berita sebagai variabel bebas dan keterampilan menulis teks berita sebagai
variabel terikat. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak
berita dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Data tersebut diperoleh
melalui dua jenis tes, yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan menyimak
teks berita dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks berita
siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B)
dengan nilai rata-rata 80,05. Kedua, keterampilan menyimak berita siswa kelas
VIII SMP Negeri 3 Lubuk Basung berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai
rata-rata 79,75. Ketiga, keterampilan menyimak berita berkontribusi sebesar
50,69% terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 3
Lubuk Basung.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa
keterampilan menyimak berita diperlukan untuk menunjang keterampilan menulis
teks berita.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 01:00
Last Modified: 22 Apr 2025 01:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6592

Actions (login required)

View Item
View Item