Korelasi Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman

Fadila, Fani Irza (2022) Korelasi Penguasaan Kosakata dan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_FANI_IRZA_FADILA_18016097_3128.pdf] Text
B1_01_FANI_IRZA_FADILA_18016097_3128.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan
penguasaan kosakata siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman. Kedua,
mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri
5 Pariaman. Ketiga, menganalisis korelasi antara penguasaan kosakata dan
keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah hubungan korelasional dua variabel.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman yang
terdaftar pada tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 121 siswa yang
tersebar di enam kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 orang. Sampel
penelitian diambil sebesar 25% menggunakan teknik simple random sampling.
Instrumen penelitian ini adalah tes objektif penguasaan kosakata dan tes unjuk
kerja keterampilan menulis teks prosedur.
Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata
siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman berada pada kualifikasi baik (B) dengan
rata-rata hitung75,37. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI
SMA Negeri 5 Pariaman berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 81,53.
Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata dan
keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pariaman
dengan nilai rhitung0,526 > rtabel 0,361 dengan derajat kebebasan n-1 dan taraf
signifikan 95%. H0 ditolak dan H1 diterima karena thitung(3,532) lebih besar
daripada ttabel (1,697). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penguasaan
kosakata berkorelasi positif dengan keterampilan menulis teks prosedur. Artinya,
semakin tinggi tingkat penguasaan kosakata, akan semakin tinggi pula tingkat
keterampilan menulis teks prosedur siswa. Jadi, jika guru ingin meningkatkan
keterampilan menulis siswa, guru harus melatih siswa untuk meningkatkan
penguasaan kosakatanya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Ridha Prima Adri S.Sos
Date Deposited: 22 Apr 2025 00:59
Last Modified: 22 Apr 2025 00:59
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6590

Actions (login required)

View Item
View Item