Rahayu, Endang Sri (2014) Meningkatkan Kemampuan Mengenal RambuRambu di sekolah melalui Metode Simulasi bagi Anak Tunagrahita Ringan KelasVII SLBN Center payakumbuh (Single Subject Design di Kelas VII SLBN Center Payakumbuh). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_ENDANG_SRI_RAHAYU_17932_6006_2014.pdf [thumbnail of B1_2_ENDANG_SRI_RAHAYU_17932_6006_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_ENDANG_SRI_RAHAYU_17932_6006_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi seorang anak tunagrahita ringan belum mengenal rambu-rambu disekolah. Anak belum mampu menunjukan, menyebutkan dan mengaplikasikan rambu-rambu dengan benar sehingga dalam lingkungan sekolah anak sering melanggar pentunjuk yang ada pada ramburambu. Tujuan penelitian ini membuktikan metode simulasi role playing dapat meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu di sekolah bagi anak tunagrahita ringan. Pedekatan ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Design (SSD) dengan menggunakan desain A-B-A dengan teknik analisis datanya mengunakan analisis visual grafik. Analisis data pada baseline menunjukan rambu-rambu dilakukan 4 hari dengan mean level 28,57% dan kecendrungan arah stabil, dilanjutkan intervensi 10 hari dengan mean level 88,57% kecendrungan arah meningkat, selanjutnya baseline 2 dilakukan 6 hari pengamatan dengan mean level 90,47 kecendrungan arah meningkat, perubahan data membaik (+ 42,86%). Analisis data pada baseline menyebutkan rambu-rambu dilakukan 4 hari dengan mean level 28,57% dan kecendrungan arah stabil, dilanjutkan intervensi 10 hari dengan mean level 77,13% kecendrungan arah meningkat, selanjutnya baseline 2 dilakukan 6 hari pengamatan dengan mean level 88,08 kecendrungan arah meningkat, perubahan data membaik (+ 28,58%). Analisis data pada baseline menyebutkan ramburambu dilakukan 4 hari dengan mean level 24,99% dan kecendrungan arah stabil dilanjutkan intervensi 10 hari dengan mean level 77,10% kecendrungan arah meningkat, selanjutnya baseline 2 dilakukan 6 hari pengamatan dengan mean level 85,71 kecendrungan arah meningkat, perubahan data membaik (+ 57,52%). Dapat disimpulkan bahwa metode simulasi role playing dapat meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu di sekolah pada anak tunagrahita ringan kelas VII SLBN Center Payakumbuh. Dalam penelitian ini hendaknya guru menggunakan metode simulasi role playing dalam pembelajaran rambu-rambu.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KEMAMPUAN MENGENAL RAMBURAMBU, METODE SIMULASI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 09:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6581 |