Pengaruh Model Integrated dan Motivasi Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Tema 8 Kelas IV Gugus II Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman

Muspita, Nisa Mona (2018) Pengaruh Model Integrated dan Motivasi Terhadap Kompetensi Belajar Peserta Didik Pada Tema 8 Kelas IV Gugus II Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_NISA_MONA_MUSPITA_16124055_5853_2019.pdf] Text
B1_1_NISA_MONA_MUSPITA_16124055_5853_2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kompetensi belajar peserta didik masih
rendah. Hal ini terjadi karena pelaksanan pembelajaran masih berpusat pada guru dan
kurang terlibatnya peserta didik dalam proses pembelajaran. Sumber belajar yang
digunakan masih terfokus pada buku guru dan buku siswa, sehingga mereka merasa
bosan dan kurang termotivasi untuk belajar yang mengakibatkan kompetensi belajarnya
kurang optimal. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan model
Integrated.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Integrated dan
motivasi terhadap kompetensi belajar belajar peserta didik di kelas IV Gugus II Kec.
Pariaman Utara Kota Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperimen dengan
rancangan factorial design 2x2. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IV
SDN Gugus II Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Sampel penelitian ini adalah
kelas IV SDN 04 Cubadak Air dan SDN 09 Sikapak Barat. Teknik pengambilan sampel
dalam penelitian ini adalah Simple Rondom Sampling. Data penelitian diperoleh dari
hasil tes dan angket. Data dianalisis dengan uji ANOVA dua arah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi belajar peserta didik yang
diajar dengan model Integrated lebih baik daripada kompetensi belajar peserta didik
yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (2) kompetensi belajar peserta didik
yang memiliki motivasi tinggi lebih baik daripada kompetensi belajar peserta didik yang
memiliki motivasi rendah; (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model
Integrated dengan motivasi terhadap kompetensi belajar peserta didik. Model
Integrated ini dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi belajar peserta didik di
kelas IV.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 09:14
Last Modified: 21 Apr 2025 09:14
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6577

Actions (login required)

View Item
View Item