Andirani, Mira (2015) Penerapan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran PAI diKelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok. Skripsi.Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MIRA_ANDRIANI_1100348_4761_2015.pdf [thumbnail of B1_3_MIRA_ANDRIANI_1100348_4761_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MIRA_ANDRIANI_1100348_4761_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan, yang mengarah pada pembentukan budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik. SMP Negeri 1 Kota Solok merupakan salah satu sekolah yang menjadi pilot project dari kurikulum 2013 ini. SMP Negeri 1 Kota Solok sebelumnya juga telah mulai menerapkan kurikulum 2013 dengan membangun budaya sekolah itu sendiri dan melalui sebagian mata pelajaran. Tujuan penelitianiniadalahuntuk: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok(2) Untuk mendeskripsikanproses pembentukan prilaku pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 1Kota Solok. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif deskriptif.Teknikpengumpulan datadilakukandenganobservasi,wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menata dan menelaah secara sistematis semua data yang diperoleh. Responden adalah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru PAI Kelas VIII, dan Siswa Kelas VIII. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Penerapan Kurikulum 2013 Implementasi yang komprehensif di SMP Negeri 1 Kota Solok dilakukan dalam Manajemen sekolah. (2) Penerapan kurikulum 2013 pada proses pembelajaran PAI di kelas VIII SMP Negeri 1 Kota Solok terkait dengan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. (3) Nilai-nilai karakter yang ditunjukkan pada pembelajaran PAI di kelas VIII adalah; kejujuran, religius, rasa ingin tahu, disiplin, berpikir logis-kritis-kreatif-inovatif, ketelitian, kerjasama, tanggungjawab, kerja keras, demokratis, percaya diri, dan mandiri. (4) Kendala dalam penerapan kurikulum 2013 di sekolah dan pada proses pembelajaran adalah: ada beberapa nilai karakter yang cukup sulit diterapkan dan dimunculkan pada diri peserta didik, ,sistem penilaian sikap/karakter yang terlalu banyak dan rumit, sehingga membuat guru susah untuk memahaminya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, PAI |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 09:04 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 09:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6572 |