Agustian, Hafis (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran VAK (Visual Audhitory-Kinesthetik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Pada Mata Pelajaran IPA di SD N 178 Tenayan Raya. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_HAFIS_AGUSTIAN_1204666_924_2019.pdf [thumbnail of B1_03_HAFIS_AGUSTIAN_1204666_924_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_HAFIS_AGUSTIAN_1204666_924_2019.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran VAK (Visual Audhitory-Kinesthetik) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI pada mata pelajaran IPA di SD N 178 Tenayan Raya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VAK terhadap hasil belajar siswa Kelas VI pada mata pelajaran IPA dengan membandingkan hasil belajar siswa pada kelas Kontrol dan Kelas experimen. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif berbentuk quasy experiment dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk mendapatkan data hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa SD N 178 Tenayan Raya Kelas VI dengan sample penelitian siswa kelas VI i 1 dan VI dengan jumlah sample masing kelas sebanyak 20 orang siswa dengan memberikan tes sebanyak 20 butir soal. Data tingkat signifikansi didapatkan dari pengolahan nilai hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol yang telah didapatkan melauli tes yang diberikan dengan menggunakan teknik analisis data uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menyimpulkan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran VAK lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran VAK dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional dengan taraf nyata α 0,05 didapat nilai t 2,024. Dengan demikian t hitung > t , yaitu 2,803 > 2,024.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Model pembelajaran VAK, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 09:04 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 09:04 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6571 |