Pengaruh Penggunaan Media Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batang Anai

Vilisya, Yunitri (2014) Pengaruh Penggunaan Media Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Batang Anai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YUNITRI_VILISYA_88415_4360_2014.pdf] Text
B1_3_YUNITRI_VILISYA_88415_4360_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kelas VII SMP Negeri 2 Batang Anai Penelitian ini berawal dari kenyataan di SMP Negeri 2 Batang Anai bahwa proses pembelajaran (Ilmu Pengetahuan Sosial) IPS kurang efektif. Pembelajaran masih dilaksanakan dengan metode ceramah tanpa media yang mendukung. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan media Mind Map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Mind Map terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Batang Anai. Hipotesis penelitian ini adalah terdapatnya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan media Mind Map dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media sederhana pada mata pelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Batang Anai. Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII yang berjumlah 200 orang, yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan VII 5 sebagai kelas kontrol. Jenis data dalam penelitian ini berbentuk data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari nilai siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes dan alat pengumpulan data lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-tes). Hasil analisis data menunjukan bahwa t hitung > t tabel, yaitu t hitung yang diperoleh adalah 2,92 dan t tabel 2,00 pada taraf α 0,05. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media Mind Map berbeda secara signifikan daripada hasil belajar siswa yang menggunakan media sederhana. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Mind Map dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Oleh karena itu media Mind Map perlu diterapkan atau dipergunakan oleh guru agar hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Mind Map
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:52
Last Modified: 21 Apr 2025 08:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6551

Actions (login required)

View Item
View Item