Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran TIK Kelas IX SMP Negeri Satu Atap Batipuh

Yunita, Yunita (2016) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran TIK Kelas IX SMP Negeri Satu Atap Batipuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_YUNITA_1100344_396_2016.pdf] Text
B1_3_YUNITA_1100344_396_2016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar siswa masih rendah. kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran TIK, kelas masih berpusat pada guru (teacher center) dan proses pembelajaran masih menggunakan metode konvensional dan menggunakan media pembelajaran yang sederhana. Hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Salah satu media untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah media presentasi berbasis multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas IX SMP Negeri Satu Atap Batipuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasy experiment dengan membandingkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri Satu Stap Batipuh pada tahun pelajaran 2015/2016, dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX (kelas eksperimen) dan siswa kelas IX 2 (kelas kontrol). Data hasil belajar diperoleh melalui tes sebanyak 40 butir soal objektif dengan empat pilihan jawaban. Kemudian data dianalisis dengan uji–t yang sebelumnya diuji normalitas sampel menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Barlett. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia (kelas eksperimen) 73,63; lebih tinggi dari pada nilai rata-rata menggunakan media pembelajaran konvensional (kelas kontrol) 67. Dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung 2,920 sedangkan t 2,040 dengan kata lain t hitung lebih besar dari t 2,920> 2,040). Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar TIK pada taraf kepercayaan 0,05 menggunakan media presentasi berbasis multimedia (kelas eksperimen) dan hasil tabel belajar siswa menggunakan media pembelajaran konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK kelas IX di SMP Negeri Satu Atap Batipuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Media Pembelajaran, Multimedia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:52
Last Modified: 21 Apr 2025 08:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6544

Actions (login required)

View Item
View Item