Nasda, Mike Afria (2012) Pengaruh Pemberian Kuis Diakhir Pembelajaran Dalam Metode Survey, Question, Read, Ricite, and Review (SQR3) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 1 Bayang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MIKE AFRIA NASDA_86189_2012.pdf [thumbnail of B1_3_MIKE AFRIA NASDA_86189_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MIKE AFRIA NASDA_86189_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Bayang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya adalah kurang tepatnya metode dan media pembelajaran yang digunakan guru, sehingga siswa sering merasa bosan, tidak tertarik dan tidak termotivasi dalam belajar, pada akhirnya siswa tidak memahami materi yang telah dipelajari. Pemberian kuis diakhir pembelajaran dalam metode Survey, Question, Read, Recite,and Review (SQR3) diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi dan pada akhirnya meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian kuis dalam motode SQR3 terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 1 Bayang Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control-group posttest only design. Karna siswa kelas ini sudah disebar penepatannya secara random oleh sekolah. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII, kecuali VIII.1 SMP Negeri 1 Bayang yang terdaftar pada semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012. Data awal adalah kelas VIII yang menjadi populasi penelitian tidak terdistribusi normal, tetapi homogen. Oleh karena itu, untuk menentukan kelas sampel digunakan teknik purposive sampling. Hasil teknik ini didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu VIII.2 dan VIII.3. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 40 buah yang telah diuji cobakan, kemudian dianalisis menggunakan uji t. Dari hasil penelitian terlihat bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen (71,53) dan nilai kelas kontrol (66,05). Sedangkan dari perhitungan uji t diperoleh t hitung yaitu 2,35. Bila dibandingkan dengan t tabel sebesar 1,67 pada taraf kepercayaan 95%, maka t hitung > t tabel . Dengan demikian, hipotesis yang dikemukakan dapat diterima pada taraf nyata 0,05. Dapat disimpulkan, bahwa pengaruh penerapan metode SQR3 diakhiri pemberian kuis berpengaruh positif yang berarti terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bayang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SQR3, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:51 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6536 |