Sartika, Yuni (2022) Hubungan Peran Orang Tua dengan Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 7 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YUNI_SARTIKA_18031119_393_2023.pdf [thumbnail of B1_3_YUNI_SARTIKA_18031119_393_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YUNI_SARTIKA_18031119_393_2023.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini didasari dengan permasalahan rendahnya nilai tugas harian Biologi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 7 Padang. Selain itu pembelajaran Biologi dianggap sulit bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran orang tua dengan motivasi belajar Biologi peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 7 Padang, seberapa besar kontribusi yang diberikan dan hasilnya berhubungan atau tidak berhubungan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dengan bentuk tabel. Populasi berjumlah 189 orang dan sampel berjumlah 50 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel proportional random sampling atau sampel imbangan. Data pada penelitian ini dianalisis menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment, kemudian dilakukan uji � ℎ����� untuk mengetahui hubungan tersebut. Metode ini dipilih karena sesuai dengan tujuan penelitian yang ingin dicapai. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua 86,75% dengan kriteria sangat baik. Motivasi belajar 88,29% dengan kriteria sangat baik. Nilai r = 0,263 dan nilai � ℎ����� yaitu 2,465 >2,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang rendah antara peran orang tua dengan motivasi belajar Biologi peserta didik Kelas XI di SMA Negeri 7 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:51 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6528 |