Ellativah, Putri Avivah (2013) Hubungan Penggunaan Media Komputer Dengan Hasil Belajar Mata Diklat Sistem Pengendali Elektronika Kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03__PUTRI_ AVIVAH_ ELATIVAH_06090_1914_2013.pdf [thumbnail of B1_03__PUTRI_ AVIVAH_ ELATIVAH_06090_1914_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03__PUTRI_ AVIVAH_ ELATIVAH_06090_1914_2013.pdf
Download (649kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam matadiklat Pengendali Elektronika siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik diSMK Negeri 1 Bukittinggi. Rendahnya hasil belajar tidak terlepas dari beberapafaktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajaradalah penggunaan media dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui apakah terdapat hubungan yang siginifikan dari penggunaan mediakomputer dengan hasil belajar siswa dalam mata diklat Pengendali Elektronika kelasXII TITL di SMK Negeri 1 Bukittinggi.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional. Subjek penelitiandalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII Teknik Instalasi Tenaga ListrikSMK Negeri 1 Bukittinggi yang berjumlah 45 orang. Data tentang penggunaan mediakomputer diperoleh dari penyebaran angket. Angket yang digunakan adalah angketyang telah dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan data hasil belajar mata diklatsistem pengendali elektronika diperoleh dari nilai mid semester ganjil TA 2012-2013.Jenis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumusKorelasi Pearson Product Moment (PPM) dan untuk menguji keberartian koefisienkorelasi r, di uji menggunakan uji t sehingga akan didapat apakah hasil penelitiandapat digeneralisasikan pada subjek penelitian.Dari hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi r hitung > r tabel (0,447531>0,294) dan untuk uji keberartian korelasi didapat t hitung > t tabel (3,2816 > 2,01669)pada taraf signifikan 5%. Karena t hitung lebih besar dari t tabel maka Ho ditolak, artinyaterdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media komputer dengan HasilBelajar mata diklat Pengendali Elektronika. Hasil analisis menunjukan bahwabesarnya hubungan Penggunaan Media Komputer dengan Hasil Belajar PengendaliElektronika di SMK N 1 Bukittinggi, sebesar 20,02 % dan sisanya 79,98%dipengaruhi oleh faktor lain, contohnya faktor lingkungan, faktor kedisiplinan danmotivasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah agar sekolah lebihmemenuhi kebutuhan media komputer di sekolah, karena penggunaan mediakomputer dalam mata diklat ini sangat penting. Penggunaan media komputer jugaakan membantu meningkatkan hasil belaajar siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media komputer, Hasil belajar mata diklat,Hubungan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 08:49 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 08:49 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6511 |