Pengembangan Multimedia interaktif tentang Mengenal angka dan Huruf Sebagai Bahan Ajar Bagi Guru TK/PAUD.

Gusmelinda, Gusmelinda (2018) Pengembangan Multimedia interaktif tentang Mengenal angka dan Huruf Sebagai Bahan Ajar Bagi Guru TK/PAUD. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_GUSMELINDA_1300250_1349_2018.pdf] Text
B1_03_GUSMELINDA_1300250_1349_2018.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan yang terdapat di TK/PAUD Az- Zahra bahwa media yang digunakan kurang bervariasi dalam mengajarkan konsep lambang bilangan angka dan huruf. Berdasarkan pemasalahan, penelitian ini mengembangkan multimedia interaktif tentang mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak usia dini, kemudian melihat kelayakan dan penggunaan dalam pengembangan multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif berupa CD interaktif yang berisikan teks, gambar, animasi, audio, dan video tentang mengenal angka dan huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D. Adapun prosedur pengembangan dari penelitian ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap define, tahap design, tahap develop, tahap disseminate. Uji validitas produk dilakukan oleh tiga validator yaitu satu validator ahli materi dan dua validator ahli media dengan menggunakan instrument angket. Uji praktikalitas dilakukan dengan mengunakan angket penilaian guru kepada 8 guru, dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan produk yang dikembangkan. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas produk multimedia yang dihasilkan. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi memperoleh skor 4,95 dengan kategori “sangat valid”, dan hasil uji validita produk untuk aspek media memperoleh skor 4,90 dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji kepraktisan produk yang telah dilakukan memperoleh skor 4,86 dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa produk multimedia interaktif yang dikembangkan secara keseluruhan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Anak Usia Dini (AUD)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:31
Last Modified: 21 Apr 2025 08:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6509

Actions (login required)

View Item
View Item