Rahmi, Nurwalya (2017) Pelaksanaan Pelayanan Pembimbingan Skripsi oleh Dosen terhadap Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan. Bachelor/Skripsi thesis, Administrasi Pendidikan.
B1_01_NURWALYA_RAHMI_1300048_4535_2017.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan yang penulis lakukan di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Padang (UNP) tentang pelayanan pembimbingan skripsi oleh dosen terhadap mahasiswa yang mengindikasikan bahwasanya belum terlaksana dengan baik. Pada umumnya mahasiswa mengeluhkan kesulitan dalam menemui dosen pembimbing untuk mendapatkan layanan bimbingan skripsi, sehingga timbul kekhawatiran dari mahasiswa terkait penyelesaian skripsi tidak sesuai tepat waktu. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang Pelaksanaan Pelayanan Pembimbingan Sripsi oleh Dosen terhadap Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, yang dilihat dari indikator: reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati), dan tangible (bukti fisik). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan tahun masuk 2013 yang berjumlah 1.446 mahasiswa. Sedangkan sampel sebanyak 93 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan metode incidental sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket model Skala Likert yang kemudian dicarikan % TCR (Tingkat Capaian Responden) yang telah diujicobakan validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Pelayanan Pembimbingan Skripsi oleh Dosen terhadap Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan berada pada kategori cukup dengan perolehan TCR 73,6%. Berikut perolehan % TCR masing masing indikatornya, yakni tentang: 1) seberapa reliable-nya pelaksanaan pelayanan pembimbing skripsi oleh dosen terhadap mahasiswa (75,6%); 2) seberapa responsive nya pelaksanaan pelayanan pembimbing skripsi oleh dosen terhadap mahasiswa (72%); 3) seberapa assurance-nya pelaksanaan pelayanan pembimbing skripsi oleh dosen terhadap mahasiswa (78,2%), 4) seberapa empathy-nya pelaksanaan pelayanan pembimbing skripsi oleh dosen terhadap mahasiswa (70,6%); dan 5) seberapa tangible-nya pelaksanaan pelayanan pembimbing skripsi oleh dosen terhadap mahasiswa (71,6%). Dari perolehan TCR tersebut, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pelayanan pembimbingan skripsi oleh dosen terhadap mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan, belum optimal.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | Aditya Shawfani S.Pd |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 01:54 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 01:54 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/650 |