Pengaruh Penggunaan Strategi Learning Cycle disertai Peta Konsep Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar

Oktari, Rivo (2014) Pengaruh Penggunaan Strategi Learning Cycle disertai Peta Konsep Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIVO_OKTARI_54875_3907_2014.pdf] Text
B1_3_RIVO_OKTARI_54875_3907_2014.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran di sekolah sebaiknya dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa baik kognitif, afektif maupun psikomotor, namun ini belum terlaksana dengan baik. Masalah yang sering muncul adalah kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran, strategi pembelajaran yang kurang bervariasi, minat dan motivasi belajar siswa rendah menyebabkan suasana pembelajaran yang kurang kondusif. Ada beberapa kendala yang menyebabkan kurang ber-partisipasinya siswa dalam proses pembelajaran diantaranya, pemilihan strategi pembelajaran yang kurang tepat serta siswa tidak memiliki bekal awal. Kendala tesebut dapat diatasi dengan penerapan strategi yang tepat yaitu strategi pembelajaran Learning Cycle yang disertai dengan peta konsep diharapkan dapat meningkatkan kompetensi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Learning Cycle disertai peta konsep terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Sungai Tarab. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Sungai Tarab yang berjumlah 210 orang yang terkelompok dalam 9 kelas yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang mana kelas X 3 sebagai eksperimen dan kelas X 4 sebagai kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes akhir untuk ranah kognitif, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa untuk ranah afektif, dan lembar observasi untuk ranah psikomotor. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji kesamaan dua rata-rata (uji t) dengan 0,05 untuk ranah kognitif, sedangkan untuk ranah afektif dan psikomotor data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif. Hipotesis penelitian ini dalah terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Learning Cycle disertai peta konsep terhadap kompetensi belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Sungai Tarab. Hasil analisis data menggunakan uji t pada ranah kognitif didapatkan t hitung (2,48) besar dari t (1,68) maka hipotesis diterima. Nilai rata-rata ranah afektif pada kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu rata-rata kelas eksperimen 75,20 % dan pada kelas kontrol yaitu 69,80%. Nilai rata-rata ranah psikomotor pada kelas eksperimen juga lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen 74,10%, sedangkan pada kelas kontrol 69,00%. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang berarti dalam pembelajaran, dengan kata lain lebih terlihat peningkatan kompetensi belajar biologi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Learning Cycle yang disertai peta konsep di kelas X SMAN 1 sungai Tarab.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Cycle, Peta Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:09
Last Modified: 21 Apr 2025 08:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6490

Actions (login required)

View Item
View Item