Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas VII SMP Negeri 2 Sawahlunto.

Widya, Rita (2013) Pengaruh Penggunaan Multimedia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Kelas VII SMP Negeri 2 Sawahlunto. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RITA_WIDYA_00032_1494_2013.pdf] Text
B1_3_RITA_WIDYA_00032_1494_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti tentang pembelajaran TIK di SMP N 2 Kota Sawahlunto, proses pembelajaran TIK kurang berjalan dengan baik karena kurangnya pemanfaatan media, sehingga motivasi belajar siswa kurang, akibatnya hasil belajar siswa masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut maka digunakanlah multimedia dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan multimedia terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran TIK. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N 2 Kota Sawahlunto yang berjumlah 133 orang yang terdiri dari 6 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VII.3 dan VII.4 masing-masingnya berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Kemudian data dianalisis dengan uji-t yang sebelumnya diuji normalitas populasi menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen yang menggunakan multimedia 81,023 dengan standar deviasi (SD) 11,198 dan nilai rata-rata kelompok kontrol yang tidak menggunakan multimedia 71,70 dengan standar deviasi (SD) 9,01. Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,97 pada taraf kepercayaan 0,05 t-tabel adalah 2,021. Ini menunjukkan bahwa penggunaan multimedia memberikan pengaruh yang berarti terhadap hasil belajar siswa, karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol (t hitung > t tabel ). Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan multimedia berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK dikelas VII SMP N 2 Kota Sawahlunto.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 08:05
Last Modified: 21 Apr 2025 08:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6462

Actions (login required)

View Item
View Item