The Third Year Students’ Writing Quality Viewed From the Four Cs (Concise, Credible, Clear, and Correct) at English Department of Padang State University

Endriyani, Rita (2013) The Third Year Students’ Writing Quality Viewed From the Four Cs (Concise, Credible, Clear, and Correct) at English Department of Padang State University. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RITA_ENDRIYANI_01642_917_2013.pdf] Text
B1_3_RITA_ENDRIYANI_01642_917_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis mahasiswa tingkat III Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris tahun masuk 2010/ 2011 di lihat dari concise (efektif), credible (terpercaya), clear (jelas), dan correct (benar) dalam menulis essay. Penelitian ini adalah penelitian descriptive. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa tingkat III jurusan Bahasa dan Sastra Inggris tahun masuk 2010/ 2011 Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang yang berjumlah 25 orang. Sample di ambil dengan menggunakan teknik random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes writing. Mahasiswa diberikan 3 topik dan diminta untuk membuat analytical esei dengan memilih salah satu topik yang telah tersedia dalam waktu 150 menit. Berdasarkan data yang diperoleh, 92% tulisan siswa dikategorikan sedang, dan 2% dikategorikan jelek untuk indikator concise. 60% tulisan siswa dikategorikan sedang, dan 40% dikategorikan jelek untuk indikator credible. 52% tulisan siswa dikategorikan sedang, dan 48% dikategorikan jelek untuk indikator clear. 60% tulisan siswa dikategorikan sedang, 32% dikategorikan jelek, dan 8% dikategorikan sangat jelek untuk indikator correct. Secara keseluruhan, 66% tulisan siswa diketaegorikan sedang, 32% dikategorikan jelek, dan 2% dikeategorikan sangat jelek. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa tingkat III jurusan Bahasa dan Sastra Inggris tahun masuk 2010/ 2011 Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri memili kemampuan yang masih sedang dalam menulis esei yang bagus dilihat dari concise, credible, clear, dan correct. Lebih lanjut, penulis mengharapkan siswa untuk lebih berlatih menulis sebuah esei yang bagus baik di kampus maupun di luar kampus.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Writing Quality Viewed
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:54
Last Modified: 21 Apr 2025 07:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6447

Actions (login required)

View Item
View Item