Teaching Reading Aloud at Elementary School by Using Children Literature

Melwaty, Melwaty (2021) Teaching Reading Aloud at Elementary School by Using Children Literature. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MELWATY_07733_2325_2012.pdf] Text
B1_3_MELWATY_07733_2325_2012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Bahasa Inggris sangat penting pada era globalisasi ini, banyak aspek dalam kehidupan manusia tergantung pada kemampuan mereka dalam berbahasa Inggris. Dengan alasan tersebut pemerintah Indonesia memasukkan bahasa Inggris sebagai mata pelajaran wajib dalam kurikulum pendidikan di Indonesia. Sejak tahun 1994, bahasa Inggris telah diperkenalkan pada Sekolah Dasar sebagai muatan lokal. Kurikulum terbaru yaitu KTSP menyatakan bahwa salah satu kompetensi yang harus dipenuhi yaitu membaca nyaring teks sederhana dengan tekanan, intonasi dan pengucapan yang benar. Kemampuan membaca nyaring di Sekolah Dasar saat ini masih kurang memuaskan. Masih banyak siswa yang belum bisa mengucapkan kata dengan benar. Ada beberapa faktor yang membuat siswa tidak tertarik untuk melafalkan kata tersebut. Salah satu faktornya yaitu siswa kurang termotivasi karena bahan ajar yang kurang menarik. Makalah ini mencoba menjelaskan teknik untuk mengatasi masalah diatas dengan menggunakan sastra anak- anak yaitu cerita pendek. Membaca nyaring dengan menggunakan cerita pendek dapat memberikan banyak keuntungan kepada siswa karena sastra sangat familiar dengan budaya asli siswa dan sangat memotivasi. Saat membaca nyaring, mereka belajar bagaimana cara penekanan, intonasi dan pengucapan yang benar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Reading Aloud, Children Literature
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
P Language and Literature > PR English literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:54
Last Modified: 21 Apr 2025 07:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6446

Actions (login required)

View Item
View Item