Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire dengan Media Power Point Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK N 2 Lubuk Basung

Felly, NS Arsha (2016) Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire dengan Media Power Point Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK N 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ NS Arsha_Felly_1824_1102028.pdf] Text
B1_03_ NS Arsha_Felly_1824_1102028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berasal dari hasil belajar siswa yang masih belum optimal.Hal ini disebabkan oleh faktor kurang tepatnya penggunaan media dalam prosesbelajar sehingga media yang digunakan tidak dapat menunjang proses belajar danhasil belajar siswa masih rendah. Maka dari itu, perlu media pembelajaran yangmampu melibatkan siswa untuk memahami materi dengan baik agar hasil belajarpada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik meningkat. Multimediainteraktif lectora inspire dapat diterapkan agar siswa dapat berperan aktif dandapat menimbulkan minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untukmengungkapkan perbedaan hasil belajar siswa menggunakan multimediainteraktif lectora inspire dengan media power point dalam pembelajaranMenganalisis Rangkaian Listrik di SMK N 2 Lubuk Basung.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan subjek penelitiankelas X SMK N 2 Lubuk Basung yang terdaftar pada tahun ajaran 2015/2016yang terdiri dari dua kelas X TKL 1 dan X TKL 2. Dari kedua kelas ini dipilihsecara acak, kelas X TKL 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X TKL 2 sebagaikelas eksperimen. Setelah menentukan kelas, kedua kelas tersebut diberiperlakuan yang berbeda, kelas X TKL 1 proses belajar menggunakan power pointdan kelas X TKL 2 menggunakan multimedia lectora inspire. Pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (posttest) berupa soal objektif30 item. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan duarata-rata (t-test).Hasil analisis data terlihat bahwa bahwa kelas yang menggunakanmultimedia interaktif lectora inspire memiliki rata-rata nilai lebih tinggi jikadibandingkan dengan siswa yang menggunakan media power point. Sedangkandari perhitungan t-test diperoleh thitung > ttabel yaitu 9,95 > 1,997. Dengan demikian,hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalammenggunakan multimedia interaktif lectora inspire dengan media power pointpada mata pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik di SMK N 2 Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Hasil belajar, Rangkaian listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:54
Last Modified: 21 Apr 2025 07:54
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6438

Actions (login required)

View Item
View Item