Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Keterampilan Renang 50 Meter Gaya Bebas: Studi Eksperimen pada Mahasiswa Jurusan Kepelatihan FIK UNP

Oktari, Zulvia (2016) Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Keterampilan Renang 50 Meter Gaya Bebas: Studi Eksperimen pada Mahasiswa Jurusan Kepelatihan FIK UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ZULVIA_OKTARI_1102921_1970_2016.pdf] Text
B1_2_ZULVIA_OKTARI_1102921_1970_2016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masalah utama penelitian ini adalah rendahnya penguasaanketerampilan teknik renang gaya bebas mahasiswa yang mengambil matakuliah renang dasar Jurusan Kepelatihan FIK UNP. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan pengaruh metodeelementer (X1) dengan metode inklusi (X2) terhadap keterampilan renang50 meter gaya bebas mahasiswa FIK UNP Jurusan Kepelatihan.Penelitian ini merupakan jenis eksperimen semu. Populasipenelitian adalah mahasiswa Jurusan Kepelatihan Fakultas IlmuKeolahragaan Universitas Negeri Padang yang mengambil mata kuliahrenang dasar semester Juli-Desember 2015 yang berjumlah 30 orang (21putera dan 9 puteri). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik totalsampling, dengan jumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengancara melakukan tes awal dan tes akhir keterampilan teknik renang gayabebas dengan menggunakan lembar observasi penilaian. Analisis datamenggunakan teknik analisis komparasi dengan menggunakan rumus ujibeda mean (uji t) dengan taraf signifikan α = 0,05.Hasil penelitian; (1) Metode elementer memberi pengaruh yangsignifikan terhadap keterampilan renang gaya bebas pada mahasiswarenang dasar kepelatihan FIK UNP (th = 27,1 > tt =1,76). (2) Metode inklusimemberi pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan renang gayabebas pada mahasiswa renang dasar kepelatihan FIK UNP (th = 31,7 > tt=1,76). (3) Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara metodeelementer dan inklusi terhadap keterampilan renang gaya bebas padamahasiswa renang dasar kepelatihan FIK UNP. Metode inklusi lebih baikdaripada metode elementer (th = 6,56 > tt =1,76).

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode pembelajaran, Keterampilan renang 50 meter, Gaya bebas
Subjects: L Education > L Education (General)
S Sport
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:59
Last Modified: 25 Apr 2025 00:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6395

Actions (login required)

View Item
View Item