Meningkatkan Kemampuan MengenalHuruf Vokal Melalui Media Huruf Kertas Ampelas bagi Anak Down Syndrome (single subject research kelas DI/CI SLB Sabiluna Pariaman)

Lestari, Meta (2012) Meningkatkan Kemampuan MengenalHuruf Vokal Melalui Media Huruf Kertas Ampelas bagi Anak Down Syndrome (single subject research kelas DI/CI SLB Sabiluna Pariaman). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_META_LESTARI_03982_559_2013.pdf] Text
B1_2_META_LESTARI_03982_559_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil asesment yang peneliti laksanakan di SLB Sabiluna Pariaman, dimana anak down syndrome x yang berumur 11 tahun belum bisa mengenal huruf vokal. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan dengan tujuan agar anak down syndrome tersebut dapat mengenal huruf vokal. Dalam hipotesis penelitian dinyatakan bahwa: media huruf kertas ampelas dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak down syndrome kelas DI/CI di SLB Sabiluna Pariaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksprimen dalam single subject research (SSR), dengan menggunakan desain A-B. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak down syndrome. Target behaviour dalam penelitian ini adalah kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal, penilaian yang diberikan berbentuk frekuensi. Penelitian ini terlebih dahulu dilihat dari kondisi baseline / kemampuan awal anak dalam mengenal huruf vokal, setelah itu dilanjutkan pada kondisi intervensi. Data yang diperoleh diolah dengan grafik, sehingga hasil penelitian ini dapat tergambar dengan jelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, media huruf kertas ampelas dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal, hal ini dapat dilihat pada phase baseline dimana anak hanya mampu satu dari lima pertanyaan tentang huruf vokal yang peneliti tanyakan yaitu dilihat pada pengamatan ketiga sampai pengamatan kelima. Setelah intervensi menggunakan media huruf kertas ampelas yang berbentuk huruf vokal, terlihat awalnya anak hanya bisa menjawab satu sampai lima huruf vokal dari media huruf kertas ampelas tersebut dan akhirnya anak mampu menjawab semua huruf vokal. Dengan demikian hipotesis dapat diterima bahwa media huruf ampelas dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak down syndrome kelas DI/CI di SLB Sabiluna Pariaman. Peneliti menyarankan pada guru dan peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan media huruf kertas ampelas untuk meningkatkan kemampuan anak down syndrome dalam pembelajaran mengenal huruf.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan mengenal huruf vokal, Media huruf kertas ampelas, Anak down syndrome
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:39
Last Modified: 21 Apr 2025 05:39
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6366

Actions (login required)

View Item
View Item