Subri, Melda (2012) Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi (TIK) dah hubungannya Dengan hasil Belajar Siswa di SMP N 3 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MELDA_SUBRI_87931_1560_2012.pdf [thumbnail of B1_3_MELDA_SUBRI_87931_1560_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MELDA_SUBRI_87931_1560_2012.pdf
Download (963kB)
Abstract
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dipersiapkan untuk mengantisipasi dampak dari perkembangan kemajuan Teknologi khususnya dalam bidang Informasi dan Komunikasi. Itu sebabnya mata pelajaran ini dijadikan mata pelajaran penting di sekolah, namun berdasarkan kenyataan yang ditemui di lapangan masih terdapat ketidakseriusan siswa dalam mengikuti pelajaran. Padahal ini sangat diperlukan oleh para siswa untuk memenuhi kebutuhan belajar yang semakin kompleks, sementara itu guru sudah mengusahakan pelaksanaan pembelajaran semaksimal mungkin dengan tujuan agar siswa tersebut tidak salah dalam mengikuti perkembangan zaman. Sehingga peneliti merasa perlu untuk mengadakan penelitian dengan rumusan masalah tentang bagaimanakan persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan hubungannya dengan hasil belajar siswa di SMP N 3 Pariaman. Dengan harapan dapat memperbaiki pola pikir siswa terhadap pelajaran TIK ini, sehingga penelitian dapat mengetahui seberapa persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi dan keterkaitannya dengan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif yang bersifat deskriptif, artinya meninjau dan mengungkap sesuatu sebagaimana adanya dari suatu masalah yang dihadapi saat ini. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dan IX SMP N 3 Pariaman tahun ajaran 2010/2011yang berjumlah 240 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik proposional random sampling, yang mana pengumpulan datanya dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada siswa. sementara itu teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik persentase, sedangkan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran TIK dengan hasil belajar siswa digunakan rumus regresi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMP N 3 Pariaman berkorelasi secara signifikan dengan hasil belajar berdasarkan koefisien korelasi hitung (0,66) lebih besar dari r tabel (0,254).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TIK, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6339 |