Aster, Yulia (2013) Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS(Assurance,Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komuni kasi Kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_YULIA ASTER 04001_1248_2013.pdf [thumbnail of B1_3_YULIA ASTER 04001_1248_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_YULIA ASTER 04001_1248_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari fenomena di sekolah bahwa dalammenyampaikan materi pelajaran, guru lebih sering menggunakan metodekonvesional yakni proses pembelajaran yang selalu menggunakan metode yangsama secara terus menerus digunakan oleh guru, sehingga siswa lebih pasif dan mengakibatkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasdan Komunikasi. Untuk mengatasi hal itu maka digunakanlah modepembelajaran ARIAS(Assurance,Relevance,Interest,Assessment, dan Satisfactiondalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruhpenggunaan model pembelajaran ARIAS terhadap hasil belajar siswa pada matapelajaran TIK kelas VIII di SMP Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasyeksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1Kecamatan Payakumbuh yang berjumlah 180 orang yang terdiri dari 7 kelasTeknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu kelas VIII dan VIII c masing-masingnya berjumlah 22 orang. Teknik pengumpulan datadigunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal dan tes essay berbentuk tes praktek sebanyak 5 butir soal dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (ttest). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran ARIAS 80 dan SD 8,58 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 71,92 dan SD 8,26. Berdasarkan perhitungan ttest diperoleh t hitung 2,853 sedangkan pada taraf kepercayaan 0,05 t tabel 2,021sehingga t hitung > t tabel . Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa kelas yang menggunakan model pembelajaran ARIAS (kelas eksperimen) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan modepembelajaran konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ARIAS berpengaruh terhadap hasibelajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran TIK di SMP Negeri 1 Kecamatan Payakumbuh.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:35 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6338 |