Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 5 Bukittinggi

Mustika, Riri (2014) Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 5 Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIRI_MUSTIKA_11691_406_2014 msl.pdf] Text
B1_3_RIRI_MUSTIKA_11691_406_2014 msl.pdf

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMP Negeri 5 Bukittinggi, masih banyaknya siswa kelas VIII yang memperoleh hasil belajar yang rendah. Selain itu proses pembelajaran masih didominasi guru dan kurang bervariasinya metode pengajaran yang digunakan oleh guru sehingga mengakibatkan kurang aktifnya peran siswa di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan metode mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy eksperimen, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Bukittinggi Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII 6 (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Setelah diperoleh data dilakukan uji prasyaratan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data hasil belajar, kemudian dilanjutkan uji t-tes 5 Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan metode mind mapping yaitu 78,43 lebih tinggi dari yang menerapkan pembelajaran konvensional yaitu 69,75. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung adalah 4,25 dan t 1,67 pada taraf kepercayaan α 0,05, maka t hitung > t tabel tabel . Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelas yang menggunakan metode mind mapping dengan hasil belajar kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Pembelajaran Konvensional, Kontrol dan Eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:34
Last Modified: 21 Apr 2025 05:34
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6326

Actions (login required)

View Item
View Item