Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Multimedia pada Siswa Berkesulitan Belajar Membaca (Single Subject Research Kelas I di SDN 05 Batu Taba, Kab. Agam)

Zulfitri, Zulfitri (2014) Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Multimedia pada Siswa Berkesulitan Belajar Membaca (Single Subject Research Kelas I di SDN 05 Batu Taba, Kab. Agam). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_ZULFITRI_11606_5940_2014.pdf] Text
B1_2_ZULFITRI_11606_5940_2014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian berawal dari permasalahan yang penulis temukan dikelas I di SDN 05 Batu Taba, Kab. Agam, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Khususnya pada belajar membaca permulaan, dalam belajarmembaca anak memiliki masalah dalam merangkai huruf menjadi sukukata dan suku kata menjadi kata. Berdasarkan permasalahan, penelitianini bertujuan untuk membuktikan dalam meningkatkan kemampuanmembaca permulaan melalui multimedia pada siswa berkesulitan belajarmembacaPenelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjektunggal (SSR) yang menggunakan desain A-B. Subjek penelitian adalahseorang siswa kelas I di SDN 05 Batu Taba, Kab. Agam. Teknikpengumpulan datanya berupa tes kemampuan melalui pengamatan, danalat pengumpulan data berupa instrumen tes perbuatan sebanyak 10 item.Perolehan data dianalisis menggunakan teknik analisis data visual grafik.Hasil penelitian yang dilakukan sebanyak 16 kali pengamatandengan 2 kondisi. Pertama pada kondisi baseline yang dilakukansebanyak 8 kali pengamatan menunjukkan hasil 10%-20%. Dengananalisis dalam kondisi, kecendrungan arah meningkat (+) kecendrunganstabilitas 0%,dan level perubahan 10% Pada kondisi intervensi melaluiMultimedia sebanyak 8 kali pengamatan yang menunjukkan hasil 40% -80%. Dengan analisis dalam kondisi, pada kondisi baseline kecendrunganarah meningkat (+) kecendrungan stabilitas 0%,dan level perubahan 10%.pada kondisi intervensi kecendrungan arah meningkat (+) kecendrunganstabilitas 25%,dan level perubahan 40%. dan analisis antar kondisi yaituperubahan kecenderungan stabil variasi ke varias, perubahan level 20%dan overlap 0%. Dengan demikian, terbukti bahwa multimedia dapatmeningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kesulitanbelajar membaca X kelas I di SDN 05 Batu Taba, Kab. Agam. Jadi dapatdisimpulkan bahwa hipotesis diterima, berarti multimedia dapatmeningkatkan kemampuan membaca permulaan kelas I di SDN 05 BatuTaba, Kab. Agam. Disarankan bagi guru untuk menggunakan multimediadalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan terutama sekalipada siswa kesulitan belajar membaca agar dalam proses belajar mengajarsiswa dapat lebih memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca, Multimedia, Siswa kesulitan belajar membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:33
Last Modified: 21 Apr 2025 05:33
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6320

Actions (login required)

View Item
View Item