Ramayanti, Nesfi (2014) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Mind Mapping Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Kelas V Sekolah Dasar Negeri 07 Kec. X Koto Tanah Datar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_NESFI_RAMAYANTI_1303877_2012_2016.pdf [thumbnail of B1_1_NESFI_RAMAYANTI_1303877_2012_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_NESFI_RAMAYANTI_1303877_2012_2016.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari minimnya pemanfaatan bahan ajar yang
berfungsi sebagai sumber belajar yang serta dapat membantu siswa belajar secara
individual, khususnya bagi siswa yang melaksanakan proses pembelajaran yang
tidak hanya di sekolah saja, tetapi bisa dimana saja. Tujuan dari penelitian ini
adalah menghasilkan bahan ajar berbasis mind mapping yang valid, praktis, dan
efektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SD.
Pengembangan bahan ajar berbasis mind mapping ini menggunakan model
pengembangan 4D Models, yang mencakup Define, Design, Develop dan
Dessiminate. Penelitian ini dimulai dengan menganalisis kebutuhan, mendesain,
mengembangkan, menganalisis dan kemudian menyebarkan produk bahan ajar
berbasis mind mapping. Hasil pengembangan bahan ajar berbasis mind mapping
tersebut telah diuji validitasnya oleh tujuh orang ahli yang mengkonfirmasi
keabsahan bahan ajar berbasis mind mapping dan dilakukan uji praktikalitas oleh
guru dan siswa serta uji efektivitas oleh siswa sebagai pengguna bahan ajar
berbasis mind mapping.
Hasil uji kevalidan oleh tujuh validator mengatakan bahwa bahan ajar
berbasis mind mapping dikategorikan sangat valid dengan nilai Kr = 0,99 dan Ks
= 0,82. Hasil uji kepraktisan oleh dua orang guru menunjukkan bahwa bahan ajar
berbasis mind mapping memiliki tingkat kepraktisan yang tinggi dengan nilai Kr
= 1 dan nilai Ks = 1. Sedangkan hasil uji kepraktisan oleh siswa juga
menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis mind mapping memiliki tingkat
kepraktisan yang tinggi dengan nilai Kr = 1 dan nilai Ks = 1. Uji keefektivan
menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis mind mapping sangat efektif dengan
hasil ketuntasan klasikal 100 dan nilai rata-rata kelas 94,342 sehingga dapat
disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis mind mapping yang dikembangkan
memiliki tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan yang sangat tinggi
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 05:26 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 05:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6274 |