Impelementasi Penilaian Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Pembangunan Laboratorium UNP

Darti, Melli (2019) Impelementasi Penilaian Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_MELLI_DARTI_1201715_1195_2021.pdf] Text
B1_2_MELLI_DARTI_1201715_1195_2021.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan pembelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Sedangkan penilaian adalah proses pengumpulan berbagai data yang bisa memberikan gambaran perkembangan belajar peserta didik. Permasalahan yang terjadi di SMA Pembangunan Laboratorium UNP adalah kurangnya pemahaman guru sejarah tentang penilaian hasil belajar dalam kurikulum 2013. Permasalahan lain adalah guru mengalami kesulitan mengelola waktu dalam melaksanakan proses penilaian hasil belajar kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif bisa dilakukan dengan cara mengamati langsung gejala sosial yang diteliti, sehingga penulis dapat menggambarkan situasi sebenarnya guna mendukung dan memperkuat data kualitatif yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Berkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh penulis di SMA Pembangunan Laboratorium UNP, penulis ingin mengetahui bagaimana Impelementasi penilaian hasil belajar pada mata pelajaran sejarah berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Pembangunan laboratorium UNP.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran sejarah belum maksimal melaksanakan penilaian sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Dalam hal ini terbukti dengan banyaknya penilaian yang belum terlaksana oleh guru mata pelajaran sejarah yang terlihat dari hasil studi dokumentasi RPP, observasi dan wawancara yang dilakukan. Kendala yang dihadapi oleh guru mata pelajaran sejarah dalam melaksanakan penilaian hasil belajar adalah : beberapa orang guru mata pelajaran sejarah belum memahami tentang penilaian dalam kurikulum 2013 sehingga masih terbiasa dengan penilaian sebelumnya, penilaian dalam kurikulum 2013 terlalu rumit, guru sulit membagi waktu karena penilaian yang harus diisi sangat banyak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum, Penilaian
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 21 Apr 2025 05:13
Last Modified: 21 Apr 2025 05:13
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6227

Actions (login required)

View Item
View Item