Kontribusi Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh

Dwiyany, Desfina (2016) Kontribusi Penguasaan Kosakata dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DESFINA_DWIYANY_1303873_6538_2016.pdf] Text
B1_1_DESFINA_DWIYANY_1303873_6538_2016.pdf

Download (469kB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah (1) nilai
kemampuan membaca pemahaman siswa masih rendah (2) motivasi belajar siswa
kurang dan (3) penguasaan kosakata siswa terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk
menjelaskan (1) apakah terdapat kontribusi penguasaan kosakata terhadap
kemampuan membaca pemahaman teks (2) apakah terdapat kontribusi motivasi
belajar terhadap kemampuan membaca pemahaman teks dan (3) apakah terrdapat
kontribusi penguasaan kosakata dan motivasi belajar secara bersama-sama
terhadap kemampuan membaca pemahaman teks siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Payakumbuh.
Penelitian korelasional ini mengambil sampel siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Payakumbuh yang menggunakan teknik slovin sehingga diperoleh sebanyak 72
orang sampel. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket dan tes yang telah
diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan uji korelasi product moment (sederhana dan ganda) untub melihat
kontribusi dari varabel terikat terhadap variabel bebas, uji t dan uji F untuk uji
signifikansi dan uji regresi untuk memprediksi variabel terikat jika variabel bebas
diketahui.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) penguasaan kosakata
memberikan kontribusi sebesar 58,82% terhadap kemampuan membaca
pemahaman teks (2) motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 15,68%
terhadap kemampuan membaca pemahaman teks dan (3) penguasaan kosakata dan
motivasi belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar 79,56%
terhadap kemampuan membaca pemahaman teks siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Payakumbuh .
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan menunjukkan bahwa ketiga
hipotesis dapat diterima. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat kontribusi yang
positif dari penguasaan kosa kata dan motivasi belajar terhadap kemampuan
membaca pemahaman, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 21 Apr 2025 02:31
Last Modified: 21 Apr 2025 02:31
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6178

Actions (login required)

View Item
View Item