Lingga, Riko Esa (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K) di Kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIKO_ESA_LINGGA_04100_1723_2013.pdf [thumbnail of B1_3_RIKO_ESA_LINGGA_04100_1723_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIKO_ESA_LINGGA_04100_1723_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMA Negeri 2 Gunung Talang, masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar di bawah standar kriteria minimum pada mata pelajaran TI&K yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Selain itu proses pembelajaran masih didominasi guru sehingga mengakibatkan kurang aktifnya peran siswa di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan strategi Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy eksperimen, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Gunung Talang Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas X.1 (kelas eksperimen) dan siswa kelas X.2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal dan soal essai 4 butir soal. Setelah diperoleh data dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data hasil belajar, kemudian dilanjutkan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan Strategi Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) yaitu 78,92 lebih tinggi dari yang menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional yaitu 73,25. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t v hitung adalah 2,57 dan ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan α 0,05, maka t hitung > t tabel . Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Tuntas (mastery learning) dengan hasil belajar kelas yang menggunakan Strategi Pembelajaran Konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Tuntas (Mastery Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran TI&K di SMA N 2 Gunung Talang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mastery Learning, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Konvensional, Kontrol dan Eksperimen |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:29 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6157 |