Indriyani, Desi (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_DESI_INDRIYANI_18124067_67_2020.pdf [thumbnail of B1_1_DESI_INDRIYANI_18124067_67_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_DESI_INDRIYANI_18124067_67_2020.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi berberapa masalah yang ditemukan peneliti
pada riset awal yang mana pada pelaksanaan kurikulum 2013 tepatnya pada
pembelajaran tematik terpadu, sangatlah penting dilaksanakan model
pembelajaran yang dapat dipadukan pada proses pembelajaran.Model
pembelajaran yang dapat dipadukan dalam proses pembelajaran tematik terpadu
belum terlaksana dengan baik. Aktivitas belajar siswa juga belum terlaksana
dengan baik dalam proses pembelajaran sehingga mempengaruhi hasil belajar.
Salah satu model yang dapat dilaksanakan pada pembelajaran tematik terpadu
yaitu model pembelajaran Children’s Learning In Science (CLIS). Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh model CLIS terhadap aktivitas belajar
siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD; (2) pengaruh model
CLIS terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV
SD; (3) hubungan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model
pembelajaran CLIS pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperiment.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus 1 wilayah 1
Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas
IV SDN 52 Parupuk Tabing. Data penelitian ini diperoleh dari aktivitas dan hasil
belajar siswa yang instrumen penelitiannya yaitu lembar observasi aktivitas
belajar dan tes objektif. Model pembelajaran CLIS berpengaruh kepada aktivitas
belajar siswa yang dapat dilihat dari kelebihan yang dimilikinya. Aktivitas siswa
dalam belajar juga dikategorikan aktif. Ini semua terlihat dari semangat dan aktif
dalam proses pembelajaran. Selain itu, model pembelajaran CLIS juga berhasil
mempengaruhi hasil belajar siswa. Keberhasilan ini dikarenakan model CLIS
memiliki langkah-langkah pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif
dalam pembelajaran baik secara individu maupun kelompok. Hasil penelitian
menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Children’s
Learning In Science (CLIS) terhadap aktivitas pada pemebelajaran tematik
terpadu di kelas IV SD. (2) terdapat pengaruh model CLIS terhadap hasil belajar
siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD; (3) terdapat hubungan
aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CLIS
pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 02:29 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 02:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6152 |