Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat Pendek Melalui Video Untuk Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research Kelas VI di SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang)

Fitri, Lasmita (2016) Meningkatkan Kemampuan Hafalan Surat Pendek Melalui Video Untuk Anak Tunagrahita Ringan (Single Subject Research Kelas VI di SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_LASMITA_FITRI_17934_1831_2016.pdf] Text
B1_2_LASMITA_FITRI_17934_1831_2016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan ditemukannya anak tunagrahita
ringan di SLB Muhammadiyah Nanggalo Padang yang kesulitan dalam hafalan
surat pendek. Hal ini terlihat dalam proses pembelajaran, guru tidak
menggunakan media yang menarik untuk mengajarkan hafalan surat pendek. Dan
pada penelitian ini peneliti mengambil surat Al-Humazah untuk diteliti pada anak.
Dari hasil tes, anak hanya mampu menghafalkan ayat pertama dari surat Al�Humazah dengan baik. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin membuktikan
apakah media dapat meningkatkan hafalan surat pendek (Al-Humazah) untuk
anak tunagrahita ringan.
Jenis penelitian ini adalah single subject research (SSR), dengan desain
penelitian A-B dan analisis data penelitian menggunakan analisis visual grafik.
Data diolah dengan grafik, sehingga hasil penelitian tergambar dengan jelas.
Analisis data menunjukkan bahwa baseline (A) dilakukan selama empat
kali pertemuan dengan frekuensi yang diperoleh anak yaitu1,2,2,2. Dan
dilanjutkan dengan intervensi (B) menggunakan video selama sembilan kali
pertemuan dengan frekuensi yang diperoleh anak yaitu 3,4,5,5,4,6,8,8,8. Dengan
demikian kesimpulan dari penelitian ini yaitu video dapat meningkatkan
kemampuan hafalan surat pendek untuk anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB
Muhammadiyah Nanggalo Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Dina Aulia Sari S.IP
Date Deposited: 21 Apr 2025 00:48
Last Modified: 21 Apr 2025 00:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6124

Actions (login required)

View Item
View Item