Pengaruh PenggunaanMind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas X SMK Abdi Negara Pasaman Barat

Marlinda, Marlinda (2013) Pengaruh PenggunaanMind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas X SMK Abdi Negara Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MARLINDA_04012_3289_2013.pdf] Text
B1_3_MARLINDA_04012_3289_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukandi SMK Abdi Negara Pasaman Barat, terlihat proses belajar mengajar masih kurang memuaskan. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya variasi dalam menyampaikan materi pelajaran pada mata pelajaran IPS terpadu yang berakibatrendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Mind Mapping dalam pembelajaran IPS terpadu pada siswa kelas X SMK Abdi Negara Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat pada pendekatan quasy eksperimen yang bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajarandengan menggunakan Mind Mapping dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan Mind Mapping. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Abdi Negara Pasaman Barat, pada tahun ajaran 2012/2013 dan teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposive sampling. Sampel adalah siswa kelas X Akuntasi 2 (kelas eksperimen) dan siswa kelas X Akuntasi 3 (kelas kontrol). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, alat pengumpul data yaitu lembaran soal. Setelah di peroleh data, kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Dari hasil penelitan diperoleh nilai rata-rata pembelajaran yang menggunakanMind Mapping (80) lebih tinggi dari pembelajaran konvensional (74,28). Hasil uji-t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan Mind Mapping dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran IPS Terpadu dengan materi proses kebangkitan nasionallebih efektif hasil belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunkan pembelajan konvensional di SMK Abdi Negara Pasaman Barat pada taraf kepercayaan α 0,05.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Hasil Belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 09:36
Last Modified: 17 Apr 2025 09:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6108

Actions (login required)

View Item
View Item