Rahmawati, Marini (2014) Pengaruh Penerapan Model Konsiderasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_MARINI_RAHMAWATI_95954_696_2014.pdf [thumbnail of B1_3_MARINI_RAHMAWATI_95954_696_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_MARINI_RAHMAWATI_95954_696_2014.pdf
Download (4MB)
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kenyataan yang ditemukan dilapangan yaitu di SMA Negeri 1 Kecamatn Suliki , masih banyaknya siswa kelas X yang memperoleh hasil belajar yang rendah. Selain itu proses pembelajaran masih didominasi guru dan kurang memotivasi siswa sehingga mengakibatkan kurang aktifnya peran siswa di dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan Model Konsiderasi terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berbentuk quasy eksperimen, Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas X IS5 (kelas eksperimen) dan siswa kelas X IS8 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal. Setelah diperoleh data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data hasil belajar, kemudian dilanjutkan uji t-tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan Model Konsiderasi yaitu 78,38 lebih tinggi dari yang menerapkan pembelajaran konvensional yaitu 69,77. Sedangkan dari perhitungan t-tes diperoleh t hitung adalah 4,30 dan t tabel 2,00 pada taraf signifikan α 0,05, maka t hitung > t tabel . Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelas yang menggunakan model Konsiderasi dengan hasil belajar kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Konsiderasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pembelajaran Sosiologi SMA Negeri 1 Kecamatan Suliki.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Konsiderasi, Teknik Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | FAUZZIYAH FAUZZIYAH |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 08:45 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 08:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6103 |