Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa Sesuai Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Solok

Marina, Marina (2016) Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Siswa Sesuai Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_MARINA_100383_177_2016 1.pdf] Text
B1_3_MARINA_100383_177_2016 1.pdf

Download (5MB)

Abstract

SMP Negeri 2 Kota Solok merupakan salah satu sekolah yang telah melaksanakan Kurikulum 2013 dan menggunakan penilaian Autentik dalam penilaian K.13. Penilaian Autentik menilai peserta didik bukan hanya hasil belajar namun juga menilai proses pembelajaran untuk memperoleh penguasaan terhadap aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sesuai dengan masalah yang ditemui yaitu guru masih memprioritaskan penilaian pengetahuan dan kurang melakukan penilaian sikap dan keterampilan sesuai tuntutan K.13, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa sesuai Kurikulum 2013 pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Kota Solok. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Data diperoleh dari guru, kepala sekolah dan siswa di kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Solok yang melaksanakan penilaian autentik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan dilanjutkan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru tidak melaksanakan penilaian K.13 karena banyak kesulitan yang dihadapi. Kesulitan pelaksanaan penilaian K.13 yaitu kekurangan waktu, jumlah siswa yang banyak dan kurangnya pemahaman guru terhadap langkah pelaksanaan penilaian serta kurangnya kemauan guru dalam melaksanakan penilaian K.13. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kesulitan pelaksanaan penilaian sesuai K.13 yaitu mangatur waktu dalam melaksanakan penilaian dan mengikuti MGMP pelajaran IPS guna sharing dengan guru IPS dari sekolah lain. Pihak sekolah membentuk tim pengolah nilai untuk membantu guru dalam mengolah nilai.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penilaian, Penilaian Autentik, Kurikulum 2013, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:45
Last Modified: 17 Apr 2025 08:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6101

Actions (login required)

View Item
View Item