Penerapan Metode Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Pembelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMKN 2 Langsa

Syahril, M (2013) Penerapan Metode Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Pada Pembelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa SMKN 2 Langsa. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_M_SYAHRIL_1108081_2534_2013.pdf] Text
B1_3_M_SYAHRIL_1108081_2534_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belajar adalah proses mendapatkan pengetahuan. Pembelajaran Pembuatan Rangkaian Pengendali Dasar (PRPD) kurang efektif, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran masih menggunakan sistem pembelajaran konvensional. Penerapan metode pembelajaran Langsung (direct instruction) pada proses pembelajaran dapat memberikan solusi dalam peningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa. Dimana dalam pembelajaran menggunakan metode direct instruction siswa dapat berinteraksi langsung sehingga dapat melihat pembelajaran melalui proses pembelajaran langsung. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PRPD dengan penerapan metode pembelajaran langsung (direct instruction). Jenis penelitian yang digunakan adalah pre – experiment designs dimana rancangan dikelompokkan kedalam pretest – posttest. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMKN 2 Langsa. Penelitian dilakukan pada satu kelompok tanpa menggunakan kelas kontrol sebagai kelas pembanding. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata hasil pretest siswa adalah 63,33 dan hasil posttest siswa 78,90. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran langsung (direct instruction) lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensiional dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 90%. Hasil dari penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan pada penggunaan metode pembelajaran langsung (direct instruction) akan memberikan peningkatan hasil belajar siswa, dari 65,52 menjadi 78,92, dan persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 23,33% meningkat menjadi 90%. Disarankan guru yang mengajar pada mata diklat PRPD untuk menggunakan motode pembelajaran langsung (direct instruction) sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa dengan melakukan latihan-latihan agar menambah pengetahuan dan pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), Rangkaian Pengendali Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:26
Last Modified: 17 Apr 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6075

Actions (login required)

View Item
View Item