Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Kelas X di SMAN 3 Nipah Panjang

Abeiasa, M. Saka (2013) Pengaruh Penggunaan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Pembelajaran Siswa Kelas X di SMAN 3 Nipah Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_M_SAKA_ABEIASA_96840_2865_2013.pdf] Text
B1_3_M_SAKA_ABEIASA_96840_2865_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Proses pembelajaran di sekolah yang masih terpusat pada guru mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Biologi. Rendahnya hasil belajar siswa dihadapi juga oleh guru Biologi di SMAN 3 Nipah Panjang. Banyak upaya dapat dilakukan guru agar siswa mendapatkan hasil belajar yang lebih baik, antara lain dengan menerapkan Modul berbasis Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul berbasis Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 3 Nipah panjang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 3 Nipah panjang yang terdaftar pada semester II tahun pelajaran 2012/2013 yang tersebar dalam 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan terpilih kelas X.A sebagai kelas eksperimen dan kelas X.B sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan kriteria bila t hitung > t tabel hipotesis diterima dan sebaliknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen 76,36 lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai 67,65. Hasil analisis uji t diketahui t hitung 3,29 > t tabel 1,70. Ini berarti H 1 diterima pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Dapat disimpulkan bahwa penerapan modul berbasis Problem Based Learning berpengaruh positif secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X semester II SMAN 3 Nipah Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning (PBL), Hasil Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:26
Last Modified: 17 Apr 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6072

Actions (login required)

View Item
View Item