Pengaruh Strategi Training Model Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Instalasi Listrik Sederhana dan Reparasi Alat-Alat Listrik Siswa Kelas X SMK N 2 Kota Solok

Johari, M Haris (2013) Pengaruh Strategi Training Model Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran Instalasi Listrik Sederhana dan Reparasi Alat-Alat Listrik Siswa Kelas X SMK N 2 Kota Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_M_HARIS_JOHARI_1108072_2828_2013.pdf] Text
B1_3_M_HARIS_JOHARI_1108072_2828_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keaktifan siswa dalam pembelajaran praktik cenderung sangat rendah, hal ini ditunjukan dengan rendahnya kemauan siswa dalam praktik dan siswa kurang menanggapi terhadap materi yang disampaikan oleh guru ataupun kemauan siswa untuk bertanya kepada guru. Kurangnya pemahaman siswa akan praktik mengakibatkan siswa tidak mengetahui sistematik dan skematik pembelajaran praktik. Strategi training model yang diterapan bertujuan agar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran dan mempunyai keterampilan psikomotor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa strategi training model pada mata pelajaran instalasi listrik sederhana dan reparasi alat-alat listrik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV SMKN 2 Solok, kelas TAV1 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 29 siswa dan TAV2 sebagai kelas ekperimen yang terdiri dari 29 siswa. Pengumpulan data pada penilaian menggunakan penilaian kinerja, dan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test). Dari hasil analisis data telihat bahwa kelas menggunakan strategi training model memiliki nilai rata-rata lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa mengunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil perhitungan t-test diperoleh t hitung > t tabel yaitu 4,21255 >2,0042. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar instalasi listrik sederhana dan reparasi alat-alat listrik menggunakan strategi pembelajaran training model di kelas X TAV SMKN 2 Solok.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Training model, Instalasi Listrik Sederhana, Reparasi Alat-Alat Listrik
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:25
Last Modified: 17 Apr 2025 08:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6066

Actions (login required)

View Item
View Item