Peningkatan Keterampilan MenulisDeskripsi dengan Teknik Tanya Jawab Berbantuan Media Gambar Siswa Kelas VIII 3 SMP Negeri 2 Sungayang Kabupaten Tanah Datar

Ayu, Desmike Putri (2012) Peningkatan Keterampilan MenulisDeskripsi dengan Teknik Tanya Jawab Berbantuan Media Gambar Siswa Kelas VIII 3 SMP Negeri 2 Sungayang Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DESMIKE_PUTRI_AYU_04577_5739_2012.pdf] Text
B1_1_DESMIKE_PUTRI_AYU_04577_5739_2012.pdf

Download (367kB)

Abstract

Pembelajaran menulis karangan deskripsi dengan teknik tanya jawab
berbantuan media gambar di Sekolah Menengah Pertama bertujuan agar siswa
memiliki kemampuan dan keterampilan untuk menulis karangan deskripsi.
Berdasarkan hasil pengamatan awal di SMP Negeri 2 Sungayang, diperoleh
informasi bahwa siswa selalu menghadapi kendala dalam menulis deskripsi. Salah
satu faktornya adalah teknik pembelajaran yang digunakan guru untuk
meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi di sekolah tersebut
belum sesuai. Pengetahuan siswa dalam menulis karangan deskripsi masih kurang
sehingga siswa kesulitan dalam pembelajaran menulis deskripsi. Penggunaan
teknik tanya jawab dibantu dengan media gambar dalam pembelajaran menulis
karangan deskripsi merupakan salah satu alternatif untuk pemecahan masalah
tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses penggunaan teknik
tanya jawab berbantuan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menulis
karangan deskripsi siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 2 Sungayang.Jenis penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif
dengan rancangan (penelitian tindakan kelas) yang meliputi: (1) perencanaan
tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengobservasian hasil tindakan, dan (4)
refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus 1 dan
siklus 2. Siklus 2 dilaksanakan berdasarkan hasil evaluasi pada siklus 1. Peneliti
bertindak sebagai penyaji dalam proses pembelajaran, sedangkan sebagai
pengamat atau kolaborator adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas
VIII 3 SMP Negeri 2 Sungayang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik tanya jawab
dibantu dengan media gambar dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi,
efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Dari
hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran
menulis karangan deskripsi dengan teknik tanya jawab dibantu dengan media
gambar dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 2
Sungayang. Peningkatan keterampilan menulis deskripsi dengan teknik tanya
jawab berbantuan media gambar meningkat dari kualifikasi cukup (61,6%) pada
siklus I menjadi kualifikasi baik (76%) pada siklus II.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:25
Last Modified: 17 Apr 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6065

Actions (login required)

View Item
View Item