Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Lubang Panjang Kota Sawahlunto

Desrifahmi, Desrifahmi (2014) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Mata Pelajaran bahasa Inggris Kelas V Sekolah Dasar Negeri 03 Lubang Panjang Kota Sawahlunto. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_1_DESRIFAHMI_1103940_4600_2014.pdf] Text
B1_1_DESRIFAHMI_1103940_4600_2014.pdf

Download (448kB)

Abstract

Penguasaan terhadap bahasa Inggris menjadi syarat penting bagi setiap
siswa untuk mampu menyerap berbagai informasi demi mengembangkan diri dan
kemampuan mereka. Di Indonesia, bahasa Inggris berada pada posisi sebagai
bahasa asing. Hal ini membuat bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran
yang tidak menarik bagi siswa, termasuk siswa di tingkat sekolah dasar.
Meskipun sebagai muatan lokal, ternyata pembelajaran bahasa Inggris di
sekolah dasar tidaklah semudah yang dibayangkan. Salah satu tujuan
pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar adalah memperkenalkan bahasa
Inggris dengan cara-cara yang menyenangkan bagi siswa. Dengan tujuan tersebut
maka guru dituntut untuk menyajikan pembelajaran bahasa Inggris di sekolah
dasar dengan menggunakan media pembelajaran yang mampu menarik minat
belajar siswa. Penelitian dilakukan dalam rangka mengembangkan media
pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran bahasa Inggris kelas V
sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilakukan
melalui empat tahap, yaitu: analisis kebutuhan, desain, evaluasi dan revisi.
Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi, angket
kepraktisan dan tes hasil belajar. Data hasil penelitian ini dianalisis secara
deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) media pembelajaran berbasis
komputer yang dikembangkan pada aspek tampilan dan materi sudah valid, 2)
media pembelajaran berbasis komputer yang dikembangkan sudah praktis
digunakan oleh guru dan siswa, 3) media pembelajaran berbasis komputer yang
dikembangkan sudah efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan data
tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis komputer yang
dikembangkan ini valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:25
Last Modified: 17 Apr 2025 08:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item
View Item