Hubungan Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Asas Kerahasiaan oleh Guru BK dengan Minat Siswa untuk Mengikuti Konseling Perorangan (Penelitian terhadap Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang),

Purwanti, Willi (2013) Hubungan Persepsi Siswa terhadap Pelaksanaan Asas Kerahasiaan oleh Guru BK dengan Minat Siswa untuk Mengikuti Konseling Perorangan (Penelitian terhadap Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Padang),. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_5_WILLI PURWANTI_04176_1984_2013.pdf] Text
B1_5_WILLI PURWANTI_04176_1984_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMA Negeri 4 Padang dalampelaksanaan konseling perorangan masih terdapat siswa yang tidak terbuka dalammengemukakan permasalahannya, hal ini disebabkan siswa masih ragu terhadapkerahasiaan yang dimiliki guru BK dalam menyimpan, menjaga, memeliharasegala informasi/ keterangan yang didapat dari siswa. Untuk itu penelitian inibertujuan mengungkap bagaimana hubungan antara persepsi siswa terhadappelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK dengan minat siswa untuk mengikutikonseling perorangan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional.Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Padang yang berjumlah266 siswa dengan jumlah sampel 73 siswa. Teknik pengambilan sampel yangdigunakan adalah Proportional Random Sampling. Data dikumpulkanmenggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan rumus Pearson ProductMoment dengan bantuan program Statistical Product and Service Solution forwindows release 17.0.Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa terhadappelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK berada pada kategori kurang, (2)Minat siswa untuk mengikuti konseling perorangan berada pada kategori rendah.(3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap pelaksanaanasas kerahasiaan oleh guru BK dengan minat siswa untuk mengikuti konselingperorangan dengan indeks korelasi sebesar 0,749. Berdasarkan hasil penelitian inidisarankan kepada guru BK agar lebih meningkatkan keprofesionalannya dalammenjaga kerahasiaan data atau keterangan yang didapat dari siswa sehinggapersepsi siswa yang kurang bisa meningkat sehingga membuat siswa jadiberminat untuk mengikuti konseling perorangan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MINAT SISWA, KONSELING, GURU
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseleling-S1
Depositing User: Mutia Farida S.Sos
Date Deposited: 17 Apr 2025 08:11
Last Modified: 17 Apr 2025 08:11
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6052

Actions (login required)

View Item
View Item