Irhas, Fikra Aulya (2019) Penerapan Kurikulum Berbasis Karakter di SD Islam Budi Mulia Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FIKRA_AULYA_IRHAS_1300246_1951_2019.pdf [thumbnail of B1_03_FIKRA_AULYA_IRHAS_1300246_1951_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FIKRA_AULYA_IRHAS_1300246_1951_2019.pdf
Download (4MB)
Abstract
Melihat fenomena rusaknya moralitas sebagian anak bangsa melalui penggunaan perkembangan teknologi yang tidak tepat dan kondisi pendidikan di Indonesia yang dipandang belum memenuhi harapan yang ideal Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy menggagas penerapan kurikulum berbasis karakter dengan menggunakan sistem full day school untuk pendidikan dasar (SD dan SMP), baik negeri maupun swasta. Program ini bertujuan meningkatkan kompetensi serta pendidikan karakter peserta didik akan terus berlanjut. Namun, jauh sebelum wacana Mendikbud mengenai sistem full day school, Yayasan Pendidikan Islam Budi Mulia Padang sudah lebih dulu menerapkan sistem full day school. Pendidikan sekolah ini bukan hanya sekedar pengajaran, akan tetapi pada prinsipnya adalah pembiasaan dan penguatan karakter peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kurikulum berbasis karakter yang dilaksanakan di SD Islam Budi Mulia Padang mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kurikulum berbasis karakter di SD Islam Budi Mulia Padang menggunakan sistem full day school melalui kegiatan pembelajaran di kelas, kegiatan rutin dan budaya sekolah, pengembangan diri/ekstrakurikuler. Pola pendidikan peserta didik diintegrasikan melalui penerapan kurikulum berbasis karakter di SD Islam Budi Mulia Padang menyeimbangkan pendidikan umum dan pendidikan Islami. Adapun nilai-nilai karakter yang diterapkan di SD Islam Budi Mulia Padang adalah religius, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Berbasis Karakter, Pendidikan Karakter, Full Day School |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:39 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:10 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6024 |