Giving Question And Getting Answer

Wirasanti, Luci (2013) Giving Question And Getting Answer. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_LUCI_WIRASANTI_87910_6657_2013.pdf] Text
B1_3_LUCI_WIRASANTI_87910_6657_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa tersedianya fasilitas labor komputer yang memadai belum mampu menjamin nilai hasil belajar siswa lebih optimal jika tidak ditunjang pula dengan metode dan media pembelajaran yang tepat, sehingga akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Untuk itulah penggunaan media PowerPoint diduga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media PowerPoint terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran TI&K kelas VII di SMP Negeri 3 Pariaman Pada semester I Tahun Ajaran 2012/2013. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh dalam penggunaan media PowerPoint yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pariaman yang berjumlah 265 orang yang terdiri dari 7 kelas dan teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas VII 2 dan kelas VII 3 masing-masingnya berjumlah 36 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal dan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian terlihat bahwa, siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media PowerPoint memperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata (78,08) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media PowerPoint dengan nilai rata-rata (63,06). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 3,334 sedangkan t-tabel pada taraf kepercayaan signifikan 0,05 t-tabel adalah sebesar 2,000 sehingga t-hitung lebih besar dari t-tabel. Dalam hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media PowerPoint (kelas eksperimen) dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan media PowerPoint (kelas kontrol). Dengan demikian penggunaan media PowerPoint memberi pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K kelas VII di SMP Negeri 3 Pariaman Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media PowerPoint, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TI&K)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:37
Last Modified: 17 Apr 2025 06:37
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6012

Actions (login required)

View Item
View Item