Sari, Ferwinda (2014) Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah dengan Menerapkan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Kelas XI Di SMAN 11 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_FERWINDA_ SARI_ 89207_5504_2014.pdf [thumbnail of B1_03_FERWINDA_ SARI_ 89207_5504_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_FERWINDA_ SARI_ 89207_5504_2014.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa terutama pada siswa kelas XI IPS (Sejarah) di SMAN 11 Padang. Pembelajaran IPS (Sejarah) hanya bersifat satu arah yaitu dari guru ke siswa sehingga kurang memperhatikan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung, akibatnya siswa berangapan pelajaran sejarah membosankan dan menjenuhkan, karena materinya terlalu menekankan pada hal-hal yang faktual seperti angka tahun, nama tokoh, nama peristiwa, dan tempat di mana suatu peristiwa terjadi. Penyampaian materi yang tidak berkorelasi menambah kejenuhan siswa dalam menerima materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS (sejarah) siswa dengan menerapkan model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) di kelas XI SMA N 11 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi berupa ceklis. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS (Sejarah) di SMAN 11 Padang. Berdasarkan proses penelitian yang penulis lakukan maka temuan penelitian ini pada siklus I menunjukkan bahwa aktivitas siswa belum terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya aktivitas siswa dalam bekerjasama dalam kelompok, masih tampak beberapa orang siswa yang bermenung dan bergurau dengan temannya, sehingga hanya beberapa siswa yang menulis saja yang tau dengan isi resume kelompoknya. Pada waktu siswa diminta membuat model dari kegiatan yang dilakukannya, siswa tidak mampu membuatnya dengan benar. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan beberapa perubahan seperti mengganti kelompok yang memimpin diskusi, memberikan motivasi dan evaluasi. Setelah dilakukan perubahan pada siklus II, maka dari 12 deskriptor pada umumnya sudah memiliki kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan menerapkan model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPS (sejarah) pada kelas XI IPS (Sejarah) di SMAN 11 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif, Siklus pembelajaran |
Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:37 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/6011 |