Pelaksanaan Prinsip-prinsip Mengelola Kelas oleh Guru PKn di SMA Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas

Deris, Riko (2013) Pelaksanaan Prinsip-prinsip Mengelola Kelas oleh Guru PKn di SMA Pondok Pesantren Modern Nurul Ikhlas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIKO_DERIS_84913_2727_2013.pdf] Text
B1_3_RIKO_DERIS_84913_2727_2013.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mengelola kelas adalah segala usaha yang dilakukan oleh guru untuk mewujudkan terciptanya suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, serta memotivasi siswa untuk belajar dengan baik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan sebagian guru PKn dalam melaksanakan prinsip-prinsip mengelola kelas secara optimal sehingga berakibat kepada suasana yang tidak kondusif dikarenakan guru belum dapat memaksimalkan penerapan prinsip-prinsip mengelola kelas akibatnya pembelajaran sebagai perantara pencapaian tujuan pembelajaranpun tidak dapat dilakukan dengan kondusif, sehingga hasilnya juga kurang optimal. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui prinsip-prinsip yang dimiliki oleh guru PKn dalam mengelola kelas di SMA Nurul Ikhlas. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini ditentukan secara purposive sampling, yaitu kepala sekolah, guru dan siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data adalah dengan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yaitu dengan cara seleksi dan reduksi data, klasifiksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru PKn di SMA Nurul Ikhlas telah dapat menggunakan prinsip-prinsip mengelola kelas dengan baik, namun guru masih menghadapi berbagai kendala seperti siswa diam saja ketika guru bertanya, keluar masuk kelas, tertidur di dalam kelas, masuk terlambat, mengobrol, ribut dan mengganggu teman lainnya. Upaya yang dilakukan guru adalah berusaha mendekatkan diri dengan siswa, menerapkan metode pembelajaran yang baru, memberi contoh yang baik dan mengevaluasi cara mengajar. Kesimpulan penelitian yaitu guru PKn di SMA Nurul Ikhlas masih ada yang belum melaksanakan prinsip-prinsip mengelola kelas, kendala yang ditemukan adalah siswa seperti tidur di dalam kelas, keluar masuk kelas, ribut, mengobrol dan terlambat masuk ke dalam kelas. Upaya yang dilakukan yaitu guru mendekatkan diri dengan siswa, mempelajari metode pembelajaran yang baru, memberi pujian bagi siswa yang berbuat positif, memberikan contoh tidak terlambat masuk kelas, mengevaluasi cara mengajar, serta memberikan teguran, dan hukuman kepada siswa yang mengganggu pembelajaran. Diharapkan kepala sekolah SMA Nurul Ikhlas dapat menambah jam pelajaran PKn sesuai dengan kurikulum pendidikan saat ini. Bagi guru PKn untuk dapat melaksanakan prinsip-prinsip mengelola kelas. Siswa-siswi SMA Nurul Ikhlas agar dapat menghormati serta menghargai guru dan pelajaran PKn, agar hasil pembelajaran nantinya seperti yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prinsip, Guru, PKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:36
Last Modified: 17 Apr 2025 06:36
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5999

Actions (login required)

View Item
View Item