Gusman, Riki Indra (2014) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kelompok Kecil terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIKI_INDRA_GUSMAN_04031_2643_2014.pdf [thumbnail of B1_3_RIKI_INDRA_GUSMAN_04031_2643_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIKI_INDRA_GUSMAN_04031_2643_2014.pdf
Download (2MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 34 Padang, terlihat proses belajar mengajar kurang optimal. Hal ini di buktikan dengan kurangnya pemahaman serta bimbingan dalam menyampaikan materi ajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan Pembelajaran Kelompok kecil dalam pembelajaran TI&K pada siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat pada quasy exsperiment yang bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan metode pembelajaran kelompok kecil terhadap hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan kelompok kecil. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang, pada tahun ajaran 2012/2013. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan purposive random sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII 2 SMP Negeri 34 Padang (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII 3 SMP Negeri 34 Padang (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes dan praktik. Setelah di peroleh data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes. Hasil penelitian rata-rata menjelaskan nilai siswa dari pembelajaran yang menggunakan pembelajaran kelompok kecil (81,93) lebih tinggi dari pembelajaran yang tidak menggunakan pembelajaran kelompok kecil (71,80). Hasil uji t hitung > t , yaitu 5,984 > 2,000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran kelompok kecil dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran TI&K dengan materi pelajaran identifikasi tabel program pengolahan angka Microsoft Excel (menambahkan dan menformat grafik) lebih efektif belajarnya jika dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan pembelajaran kelompok kecil di SMP Negeri 34 Padang pada taraf kepercayaan α 0,05.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode, Kelompok Belajar,Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:05 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 07:14 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5991 |