Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 12 Padang Panjang

Ulfa, Fenny Meutia (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDN 12 Padang Panjang. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_FENNY_MEUTIA_ULFA_1200429_3485_2017.pdf] Text
B1_03_FENNY_MEUTIA_ULFA_1200429_3485_2017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pegaruh model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op berawal dari fenomena di sekolah ketika peneliti melakukan observasi, guru lebih sering menggunakan metode konvesional yakni proses pembelajaran yang berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN 12 PadangPanjang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat Quasy Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 50 orang yang terdiri dari 2 kelas dan teknik pengambilan sampelnya adalah purpossive sampling, yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVBsebagai kelas kontrol. Teknik pengumpul data adalah tes dan alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran tes dan lembaran observasi siswa. Teknik analisis menggunakan uji t (t-test), dan dalam penelitian ini juga di cantumkan nilai aktivitas siswa didalam kelas dalam proses belajar mengajarnya dengan menilai aspek-aspek tertentu dan pengambilan nilainya dengan skor menggunakan rumus t-test. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelas eksperimen adalah 84,1 sedangkan pada kelas kontrol adalah 77. Pada pengujian hipotesis diperoleh t hitung sebesar 3,48 dan t tabel sebesar 1,6794 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 48. Karena t hitung > t tabel , dan nilai aktivitas siswa kelas eksperimen 25,64 sedangkan pada kelas kontrol adalah 22,48. Pada pengujian dengan menggunakan rumus T-test diperoleh diperoleh t hitung sebesar 2,651 dan t tabel sebesar 1,6794 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 48. Karena hasil belajar dan nilai aktivitas siswa t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Co-op-Co-op berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas IV SDN 12 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Aktivitas belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:05
Last Modified: 17 Apr 2025 06:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5990

Actions (login required)

View Item
View Item