Pengembangan Media Audio Visual Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 2 Padang Panjang

Afriani, Lisa (2016) Pengembangan Media Audio Visual Pembelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP N 2 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_LISA_AFRIANI_1105388_231_2016.pdf] Text
B1_3_LISA_AFRIANI_1105388_231_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Seiring perkembangan dan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) di segala bidang memberikan dampak yang sangat berpengaruh terhadap seluruh aspek kehidupan manusia t idak terkecuali pada bidang pendidikan. Dengan perkembangan tersebut guru dituntut agar dapat memberikan inovasi dalam pembelajaran salah satunya pada mata pelajaran bahasa inggris. Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran yang menuntut adanya latihan kepada siswa agar ilmu tersebut dapat melekat pada ingatan siswa. Salah satu media yang dapat meransang indra pendengaran dan indra penglihatan siswa agar terjadi proses belajar yang baik yaitu Media Audio Visual. Penelitian ini bertujuan untuk memproduksi Media Audio Visual dengan menggunakan aplikasi Ulead Video Studio 11.5 dalam bentuk CD Pembelajaran yang sesuai standarisasi kelayakan media pembelajaran, serta menguji kelayakan media audio visual sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII di SMP N 2 Padang Panjang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau dikenal dengan metode Research and Development dengan model pengembangan Borg and Gall. Tahapan dalam proses penelitian ini meliputi tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, tahap validasi produk dilakukan oleh ahli materi yaitu 2 orang guru Bahasa Inggris SMP N 2 Padang Panjang dan ahli media terdiri dari 2 orang dosen Jurusan Kurikulum Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang, tahap uji coba produk yang melibatkan 27 orang siswa kelas VIII E SMPN 2 Padang Panjang , hingga menjadi produk siap distribusi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, format penilaian dan angket. Pada penelitian ini didapatkan hasil kelayakan materi oleh ahli materi memperoleh rata-rata 4,5 (90%) dengan kategori sangat baik. Kelayakan media oleh Ahli media memperoleh rata-rata 4,4 (89.4%) dengan kategori sangat baik dan hasil uji coba media kepada siswa memperoleh rata-rata 4,2 (84.7) dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan Media Audio Visual Bahasa Inggris kelas VIII SMP ini layak digunakan sebagai media dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Audio Visual, Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:04
Last Modified: 17 Apr 2025 07:16
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5978

Actions (login required)

View Item
View Item