Hubungan Konsep Diri Intelektual dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Padang Sago

Selvira, Rika (2013) Hubungan Konsep Diri Intelektual dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 1 Padang Sago. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_RIKA_SELVIRA_77456_5894_2013.pdf] Text
B1_3_RIKA_SELVIRA_77456_5894_2013.pdf

Download (8MB)

Abstract

Konsep diri adalah pemahaman seseorang terhadap dirinya dan konsep diri ini berbeda pada setiap orang. Pemahaman seseorang tentang kecerdasan baik dalam menyelesaikan masalah maupun hasil belajar disebut konsep diri intelektual. Disisi lain setiap individu memiliki karakteristik sendiri dalam menyerap pelajaran yaitu gaya belajar. Guru hendaknya mengerti karakteristik siswa. Informasi tentang karakteristik siswa sangat berguna bagi guru terutama dalam memilih dan menentukan pola pengajaran yang baik, sehingga dapat menjamin kemudahan belajar bagi setiap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan konsep diri intelektual dan gaya belajar dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Padang Sago. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Sago yang berjumlah 83 orang. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk memperoleh data konsep diri intelektual dan gaya belajar serta dokumen hasil belajar yang didapatkan dari guru bidang studi IPA. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment. Dari hasil perhitungan, koefisien korelasi variabel X (konsep diri intelektual dan gaya belajar) dan variabel Y (hasil belajar IPA) sebesar 0,71 dengan interpretasi nilai korelasi adalah tinggi. Derajat hubungan variabel X terhadap variabel Y sebesar 50,41 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan berarti antara konsep diri intelektual dan gaya belajar dengan hasil belajar IPA siswa SMP Negeri 1 Padang Sago.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Gaya Belajar, Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:04
Last Modified: 17 Apr 2025 06:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5977

Actions (login required)

View Item
View Item