Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah dan Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K Kelas VIII SMP N 2 Payakumbuh

Mardiah, Liny (2012) Pengaruh Penggunaan Metode Ceramah dan Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TI&K Kelas VIII SMP N 2 Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_LINY MARDIAH_87939.pdf] Text
B1_3_LINY MARDIAH_87939.pdf

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMP N 2 Payakumbuh, terlihat proses belajar mengajar masih kurang memuaskan. Hal ini di buktikan dengan kurangnya variasi dalam menyampaikan materi pelajaran pada mata pelajaran TI&K yang berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Ceramah dan Team Quiz dalam pembelajaran TI&K pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh. Penelitian ini berupa quasy eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk membandingkan hasil belajar siswa yang belajar dengan menerapkan metode ceramah dan team quiz di bandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan team quiz . Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Payakubuh, pada tahun ajaran 2011/2012 dan teknik penarikan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan teknik purposif sampling, sehingga yang menjadi sampel adalah siswa kelas VIII a (kelas eksperimen) dan siswa kelas VIII b (kelas kontrol). Pengumpulan data dalam penelitinan ini menggunakan tes hasil belajar, dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes sebanyak 40. Setelah di peroleh data, kemudian dianalisis menggunakan t-tes yang dimana sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas terhadap data tersebut. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen 78,44 lebih tinggi dari pada nilai rata-rata kelompok kontrol 70. Perhitungan t-test menyatakan bahwa t-hitung 3,025 sedangkan t-tabel untuk taraf signifikan 0,05 adalah 2,000 sehingga t-hitung lebih besar dari t-tabel. Berarti terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah dan team quiz (kelas eksperimen) dengan hasil belajar siswa kelas kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode ceramah dan team quiz berpengaruh terhadap hasil belajar TI&K siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Payakumbuh.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Metode Ceramah, Team Quiz
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 17 Apr 2025 04:45
Last Modified: 17 Apr 2025 04:45
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5966

Actions (login required)

View Item
View Item