Sari, Rika Purnama (2015) Pengaruh Pendekatan Saintifik Menggunakan Strategi Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema Usaha Pelestarian Lingkungan di Kelas V SDN 04 Cupak. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_RIKA_PURNAMA_SARI_1100365_4594_2015.pdf [thumbnail of B1_3_RIKA_PURNAMA_SARI_1100365_4594_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_RIKA_PURNAMA_SARI_1100365_4594_2015.pdf
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi di SDN 04 Cupak, bahwa pembelajaran yang dilakukan belum sesuai dengan sintaks pembelajaran pendekatan saintifik, dimana masih rendahnya keaktifan belajar siswa sehingga menimbulkan hasil belajar rendah, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa, salah satunya strategi pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik menggunakan strategi discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada subtema usaha pelestarian lingkungan di kelas V SDN 04 Cupak. Pendekatan penelitian kuantitatif ini bentuk quasy eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas V SDN 04 Cupak yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas Va yang berjumlah 19 orang dan kelas Vb yang berjumlah 15 orang dan teknik pengambilan sampelnya yaitu total sampling, yaitu seluruh siswa kelas V SDN 04 Cupak yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dengan alat pengumpul data digunakan lembaran tes dan lembaran jawaban siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer tentang hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Hasil penelitian diperoleh nilai rata–rata kelompok eksperimen 3,18 dan nilai rata-rata kelompok kontrol 2,86, berdasarkan perhitungan t-test diperoleh thitung 2,286 dan t-tabel 2,042 dalam taraf kepercayaan 0,05, sehingga t-hitung > t-tabel, dengan demikian dapat disimpulkan pendekatan saintifik menggunakan strategi pembelajaran discovery learning memberi pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada subtema usaha pelestarian lingkungan di kelas V SDN 04 Cupak.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Saintifik, Discovery Learning, Pelestarian |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > LB Theory and practice of education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 04:45 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 04:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5964 |