Yohana, Lidya (2022) Permasalahan Motivasi, Minat dan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas XI MIPA dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 6 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_LIDYA_YOHANA_18031066_5594_2022.pdf [thumbnail of B1_3_LIDYA_YOHANA_18031066_5594_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_LIDYA_YOHANA_18031066_5594_2022.pdf
Download (7MB)
Abstract
Pembelajaran biologi hendaknya melibatkan keaktifan berpikir siswa, sehingga terjadi peningkatan kemampuan untuk menganalisis konsep yang ditemukan dengan benar. Namun, pembelajaran biologi yang diterapkan tidak sepenuhnya dapat berjalan dengan baik. Hal ini akan menimbulkan permasalahan siswa dalam belajar yang ditandai dengan suatu kondisi dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya. Untuk itu perlu dilakukan identifikasi mengenai permasalahan siswa dalam belajar serta hendaknya gum dapat mengevaluasi dan mencarikan solusi terhadap permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar persentase pennasalahan mengenai aspek motivasi, minat dan konsenrrasi belajar siswa serta rnengetahui apakah terdapat korelasi antara motivasi dengan minat belajar, motivasi dengan konsentrasi belajar, dan minat dengan konsentrasi belajar siswa dalam pembelajaran biologi di SMAN 6 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dan penelitian ini dilakukan bulan Mei 2022 di SMAN 6 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian terhadap populasi yaitu siswa kelas XI MIPA tahun ajaran 2021/2022 di SMAN 6 Padang yang berjumlah 158 orang sekaligus sebagai subjek penelitian dengan teknik pengarnbilan sarnpel yaitu Probability Sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket mengenai motivasi belajar, minat belajar dan konsentrasi belajar. Prosedur penelitian terdiri atas tahap persiapan penelitian, tahap pelaksanaan penelitian, dan tahap penyelesaian penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskripti f dan teknik analisis korelasi Product Moment Pearson. Hasil penelitian rnenunjukkan besar persentase permasalahan pada aspek motivasi belajar sebesar 27%; pada aspek minat belajar sebesar 22%; dan pada aspek konsentrasi belajar sebesar 22%. Hasil koefisien korelasi antara motivasi dengan minat belajar sebesar 0.762 dengan kategori kuat; antara motivasi dengan konsentrasi belajar sebesar 0.816 dengan kategori sangat kuat; dan antara minat dengan konsentrasi belajar sebesar 0.731 dengan kategori kuat. Maka dapat disimpulkan pada aspek motivasi, minat dan konsenrrasi belajar siswa terdapat perrnasalahan dengan kategori rendah serta antara motivasi dengan minat belajar, motivasi dengan konsentrasi belajar dan minat dengan konsentrasi belajar memiliki korelasi yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsentrasi, Minat, Motivasi, Pembelajaran Biologi |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | FAUZIAH FAUZIA |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 04:19 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 04:19 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/5955 |